Kamis, 16 September 2010

Review buku 1: JAPAN, Its History and Culture

JAPAN
Its History and Culture
W. Scott Morton
Third Edition
1. Pengantar
Berdasarkan legenda masyarakat Jepang, mereka adalah keturunan dari dewi Matahari. Negeri mereka pun indah bagaikan seorang dewi. Budaya tertinggi Jepang berasal dari China.Meski begitu, satu keistimewaan orang Jepang adalah kemampuan mereka untuk meminjam suatu unsur budaya, mengadaptasi dan kemudian memasukkan kekhasan dan gaya mereka sendiri ke dalamnya. 
Sejarah Jepang tidak berbeda dengan bahasanya; tampak mudah di awalnya tapi kemudian menjadi semakin rumit dan kompleks.
 2. Asal-usul dan Sejarah Awal Jepang
Asal-usul orang Jepang berbaur dan samar. Satu hal yang pasti adalah bahwa ada ras-ras lain yang bukan leluhur  mereka yang menempati kepulauan Jepang sebelum orang Jepang sendiri tiba di sana. Salah satunya adalah suku Ainu yang merupakan tipe Kaukasia dengan kulit yang putih dan cambang yang berabad-abad mendominasi bagian utara namun saat ini jumlahnyaberkurang dan hidup dalam kelompok kecil di Hokkaido.
Orang Jepang merupakan ras Mongol yang perawakannya kecil, dengan lipatan kelopak mata bertipe Mongol, berkulit kuning, rambut hitam , wajah secara keseluruhan lebih datar dibanding tipe Kaukasia, tulang pipi tinggi, dan anggota tubuhnya secara proporsional pendek. Hal yang terakhir membantu mereka menjaga panas tubuh pada kondisi ekstrim.
Selain Mongol, paling tidak ada dua wilayah yang orang-orangnya mungkin membentuk ras orang Jepang. Yang pertama adalah Asia Tengah. Buktinya bukan hanya ditemukan pada ciri fisik yang telah disebutkan di atas, tapi juga pada bahasanya. Suku kata bahasa Jepang menunjukkan kemiripan dengan  bahasa Hungaria-Magyar danFinlandia. Ketiga kemungkinan tersebut berasal dari Asia Tengah. Wilayah yang kedua adalah daerah China Selatan. Ini diindikasikan dengan ciri fisik seperti ukuran tubuh yang kecil, kulit yang lebih kuning, dan struktur tulang orang Jepang yang lebih dekat ke orang-orang di China Selatan ketimbang China Utara.
Ada kemungkinan ketiga mengenai asal-usul orang Jepang yaitu dari Asia Tenggara dan kepulauan Pasifik; namun ini masih kontroversial. Argumen utamanya adalah bentuk arsitektur rumah Jepang kuno dan kuil Shinto misalnya di Ise. *
Jepang terdiri dari
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar